Dialog antar agama....!


Selasa, 2 Juni 2009, saya kedatangan orang tua. Beliau beragama Hindu dan berbicara dengan saya seputar perkembangan agama Hindu di Indonesia dan pentingnya toleransi beragama. Bagi saya hal tersebut sangat penting mengingat beranekaragamnya latar belakang agama dan budaya dimasyarakat Indonesia.
bagi saya, toleransi beragama sulit terjalin selama umat beragama di Indonesia tidak berusaha untuk saling memahami atai minimal mengetahui hakekat dari ajaran-ajaran agama yang ada. Hal ini penting mengingat suatu umat beragama selalu memandang agama lain dari sudut perbedaan, kesalahan dan pandangan negatif terhadap agama lain yang berbeda. Ini berkembang dimulai dari keluarga dengan maksud menanamkan keyakinan agama orang tua kepada anaknya, dengan cara menunjukkan "kesalahan dan kekurangan" agama lain kepada anak-anak kita. Disekolah, guru yang biasanya menjadi referensi bagi siswanya, sering juga memperkuat kesalahan pandangan tersebut justru karena ketidaktahuan guru tersebut terhadap hakekat agama. Masyarakat juga memperuncing dengan memberikan pandangan khawatir apabila ada umatnya memperlajari agama lain.
(materi detail lihat educationtarbak.blogspot.com)
Ah....saya memimpikan Indonesia masa depan.

1 komentar:

  wachyawbicara

10 Juni 2009 pukul 01.55

lakum dinukum waliyadiin, bagimu agamamu bagiku agamaku! buat sy penting memegang prinsip itu, krn toleransi mengandung makna yg luas tetapi ketika menyangkut agama, maka tidak ada toleransi lagi..
sekedar saran untuk temanku
smg bermanfaat
-wachyawbicara-